KPPU dan Unismuh Sorong Gelar Sosialisasi terkait Sektor Logistik

Sorong (6/3) – Dalam rangka internalisasi nilai-nilai persaingan usaha yang sehat, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menggelar sosialiasi di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Sorong, Papua Barat. Sosialisasi yang dilaksanakan melalui seminar Persaingan Usaha pada Sektor Logistik di Kawasan Timur Indonesia ini dihadiri ratusan mahasiswa dan akademisi Unismuh.

Berperan sebagai pembicara pada kegiatan ini diantaranya Wakil Ketua KPPU Ukay Karyadi, Rektor Unismuh Sorong Hermanto Suaib, Kepala Bidang Kajian dan Advokasi Kanwil VI KPPU Makassar Yunan Andika Putra yang dimoderatori oleh Karyadi selaku Dekan Fakultas Hukum Unismuh Sorong.

Dalam paparannya Ukay menyampaikan bahwa KPPU merupakan lembaga pengawas persaingan usaha yang lahir berdasarkan amanat UU Nomor 5 Tahun 1999. Salah satu yang menjadi sektor pengawasan KPPU adalah logistik yang merupakan sektor strategis dalam proses distribusi barang dan berpengaruh terhadap harga-harga barang khsususnya di Indonesia Timur.

Sejalan dengan hal itu, Yunan menjelaskan terkait dampak negatif dari perilaku persaingan usaha tidak sehat salah satunya yaitu kartel. Perilaku kartel yang dilakukan pelaku usaha akan berdampak pada eksploitasi konsumen baik itu pasokan maupun harga barang yang mahal.

Respon dan apresiasi positif juga disampaikan oleh Rektor Unismuh atas kegiatan yang dilaksanakan KPPU. Hermanto menilai bahwa sosialisasi ini sangat penting bagi civitas akademik Unismuh untuk memahami nilai-nilai persaingan usaha yang sehat dan sebagai sharing permasalahan yang dihadapi dunia usaha. Harapannya melalui sosialisasi ini sinergitas antara kampus, pemerintah dan KPPU dapat terjalin dengan baik terutama untuk memecahkan berbagai masalah dunia usaha di Sorong.