Kanwil III – Walikota Bandung Diskusikan Strategi Peningkatan Perekonomian

Bandung (3/3) – Kantor Wilayah III KPPU melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota Bandung yang dihelat di Balai kota Bandung. Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Kanwil III Aru Armando dan Wali Kota Bandung H. Oded Muhammad Danial, S.A.P, beserta jajarannya dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Salah satu bahasan dalam pertemuan itu mengenai tugas, kewenangan serta peran KPPU melalui Kanwil III untuk meningkatkan perekonomian daerah di wilayah kerja Kanwil III yang meliputi Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Selain itu, pihak Kanwil III dan Walikota mendiskusikan strategi dalam rangka peningkatan pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung. Isu ekonomi terkini juga tak luput dalam bahasan. Salah satunya mengenai kenaikan harga komoditas bawang putih. Terkait hal tersebut, pihak Pemerintah Kota Bandung menerangkan jika pihaknya telah melakukan operasi pasar terhadap komoditas bawang putih.

Khusus mengenai pengendalian pasokan dan harga bahan pokok, Oded berpendapat Perusahaan Pasar bisa berfungsi sebagai pengendali, PD Pasar Jaya tidak hanya bertugas sebagai pemungut retribusi semata.

Menanggapi hal tersebut KPPU sependapat jika PD Pasar berperan sebagai lembaga buffer stock kebutuhan strategis di Kota Bandung sepanjang dalam pelaksanaan fungsinya sesuai dengan prinsip persaingan sehat.

Aru juga menginformasikan jika saat ini sedang berjalan proses pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Kemitraan Sektor Peternakan di lingkup Provinsi Jawa Barat. Selain terdiri dari unsur Kanwil III KPPU dan Provinsi Jawa Barat, Satgas rencananya juga akan melibatkan unsur dari Pemkab dan Pemkot di seluruh Wilayah di Jawa Barat.

Rencana pembentukan Satgas ini disambut baik oleh Pemkot Bandung. Kedepan Pemkot Bandung menginginkan agar dapat menjalin sinergi dengan Kanwil III khususnya dalam dalam hal pemberian advokasi kebijakan persaingan untuk peraturan dan/atau kebijakan Pemkot Bandung yang tekait kegiatan ekonomi, bisnis dan perdagangan.