Berbagi Ilmu Persaingan Usaha dengan PLN

Medan (14/10) – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) I KPPU Ramli Simanjuntak hadir menjadi pemateri pada acara Collective Action yang diselenggarakan oleh PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara (Sumut). Acara tersebut dibuka oleh Rino Gumpar Hutasoit selaku Senior Manager Niaga PLN UIW Sumut dalam hal ini mewakili General Manager PLN UIW Sumut.

“PLN selalu berkomitmen untuk membangun budaya integritas dalam menjalankan proses ketenagalistrikan. Salah satu upaya dalam menjaga integritas tersebut diwujudkan PLN Unit Induk Wilaah Sumatera Utara dengan menggelar Kegiatan Collective Action. Acara ini merupakan salah satu program PLN yang strategis untuk memastikan seluruh kegiatan dilaksanakan secara benar sesuai dengan kaidah good corporate governance” Ujar Rino Gumpar Hutasoit dalam sambutannya.

Pada kesempatan tersebut Ramli berkesempatan menjadi pemateri terkait tugas dan fungsi KPPU sebagai lembaga negara yang mengemban amanat UU No.5 Tahun 1999. Dalam melaksanakan kewenangannya, KPPU mempunyai tugas pokok Penegakan Hukum Persaingan Usaha dan Pemberian Saran dan Pertimbangan kepada Pemerintah berkaitan dengan Kebijakan yang mempengaruhi persaingan usaha dalam bentuk kajian proses pembentukan peraturan, evaluasi kebijakan, atau rekomendasi diberlakukannya kebijakan.

Dalam paparannya Ramli menegaskan, “KPPU berwenang melakukan investigasi dan pemeriksaan terhadap kasus dugaan yang dilaporkan oleh masyarakat, pelaku usaha maupun dari hasil temuan setelah dilakukannya penelitian. Persaingan usaha sehat itu dalam banyak hal, perjanjian yang dilarang, kegiatan yang dilarang, maupun penyalah gunaan posisi dominan. Dalam konteks pemerintahan salah satunya adalah persekongkolan tender dalam pengadaan barang dan jasa,” ujarnya. Untuk itu diharapkan ke depannya dalam melaksanakan proses pengadaan barang dan jasa, panitia pengadaan di PLN tetap memperhatikan aturan perundang-undangan yang berlaku, salah satunya adalah pada Pasal 22 UU No.5 Tahun 1999, mengingat hampir sebagian besar penanganan Perkara di KPPU berkaitan dengan pengadaan barang/jasa.

Acara ditutup dengan penandatanganan Deklarasi Integritas oleh PLN dan masing masing perwakilan mitra kerja PLN. Penandatanganan Deklarasi Integritas tersebut merupakan komitmen bersama antara PLN dan mitra kerja untuk membangun integritas dan gerakan anti korupsi dalam seluruh proses bisnis ketenagalistrikan serta untuk mewujudkan persaingan usaha yang sehat.