KPPU Mengeluarkan Pendapat atas Akuisisi PT Bank Pundi Indonesia Tbk oleh PT Banten Global Development

Jakarta (18/4) – KPPU pada tanggal 17 April 2018 telah menyelesaikan Penilaian dan mengeluarkan Pendapat terhadap pengambialihan (akuisisi) saham PT Bank Pundi Indonesia Tbk oleh PT Banten Global Development. Pengambilalihan saham ini merupakan transaksi yang telah memenuhi ketentuan PP No. 57 Tahun 2010. PT Bank Pundi Indonesia Tbk merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri perbankan, sedangkan PT Banten Global Development memiliki kegiatan dalam bidang investasi dan saat ini memiliki
beberapa penyertaan saham minoritas di beberapa perusahaan. PT Banten Global Development memiliki 1 (satu) anak perusahaan yang bergerak dalam bidang ekspedisi.

Berdasarkan hasil penelitian dan informasi yang diperoleh, KPPU menilai bahwa terdapat perbedaan pasar bersangkutan dalam pengambilalihan saham tersebut, sehingga perhitungan pangsa pasar atau konsentrasi pasar tidak diperlukan. Lebih lanjut, KPPU melihat bahwa berdasarkan data pangsa pasar perbankan nasional, PT Bank Pundi Indonesia Tbk memiliki pangsa pasar yang relatif kecil, sehingga diperkirakan tidak mampu menimbulkan dampak hambatan masuk secara vertikal secara signifikan atas industri perbankan nasional.

Berdasarkan analisis di atas, KPPU menilai pengambilalihan saham PT Bank Pundi Indonesia Tbk oleh PT Banten Global Development tidak memiliki dampak terhadap industri perbankan di Indonesia. Oleh karena itu KPPU mengeluarkan pendapat tidak adanya dugaan praktek monopoli dan/atau persaingan usaha tidak sehat akibat pengambilalihan saham PT Bank Pundi Indonesia Tbk olehPT Banten Global Development.