KPPU Selesaikan Penilaian atas Akuisisi Conocophilips Indonesia Inc Ltd.

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) pada tanggal 13 Maret 2018 telah menyelesaikan penelitian dan mengeluarkan Pendapat terhadap pengambialihan (akuisisi) saham Conocophilips Indonesia Inc Ltd oleh Medco Natuna Pte Ltd. Pengambilalihan saham ini merupakan transaksi yang telah memenuhi ketentuan PP No. 57 Tahun 2010.

Medco Natuna Pte Ltd merupakan anak usaha dari kelompok usaha Medco Energy yang memiliki beberapa bidang usaha, salah satunya adalah bidang industri pertambangan minyak dan gas bumi. ConocoPhilips Indonesia Inc Ltd memiliki kegiatan usaha dalam industri hulu minyak dan gas bumi dan saat ini menguasai Blok B South Natuna.

Analisa KPPU pada akuisisi tersebut difokuskan pada sejauh mana akuisisi tersebut berdampak pada pasar domestik, dan sejauh mana pelaku usaha merger menyalahgunakan kontrak yang telah dibuatnya dengan pelaku usaha lain. Berdasarkan hasil penelitian dan
informasi yang diperoleh, KPPU menemukan fakta bahwa dalam industri hulu minyak dan gas bumi Indonesia merupakan industri yang sanagat teregulasi (highly regulated) dan persaingan terjadi pada saat proses lelang wilayah kerja (competition for the market).
Pembagian produk minyak dan gas bumi juga sudah diatur oleh peraturan perundang-undangan dan dalam pelaksanaan kegiatan usaha para pihak terikat dengan kontrak kerjasama (KKS) dengan Pemerintah, sehingga tidak mudah bagi pelaku usaha untuk melakukan pembatalan atau pengalihan kontraknya.

Berdasarkan pandangan di atas, KPPU menilai pengambilalihan saham Conocophilips Indonesia Inc Ltd oleh Medco Natuna Pte Ltd tidak memiliki dampak terhadap industri hulu minyak dan gas bumi di Indonesia. oleh karena itu KPPU mengeluarkan pendapat tidak adanya dugaan praktek monopoli dan/atau persaingan usaha tidak sehat akibat pengambilalihan saham Conocophilips Indonesia Inc Ltd oleh Medco Natuna Pte Ltd.