KPPU mengeluarkan Pendapat atas Akuisisi Saham oleh Siloam Grup

Jakarta (28/3) – KPPU telah melakukan Penilaian atas pengambialihan (akuisisi) saham PT Grha Ultima Medika oleh PT Mahkota Buana Selaras pada tanggal 27 Maret 2018. Pengambilalihan saham ini merupakan transaksi yang telah memenuhi ketentuan PP No. 57
Tahun 2010.

PT Mahkota Buana Selaras merupakan anak usaha dari kelompok usaha Siloam yang aktif dalam industri penyedia jasa kesehatan (rumah sakit) di beberapa wilayah di Indonesia. PT Grha Ultima Medika memiliki kegiatan usaha dalam penyedia jasa kesehatan dan saat ini memiliki 1 (satu) unit rumah sakit di Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Komisi menilai bahwa para pihak bergerak dalam industri yang sama, namun jika dilihat karakteriktik industrinya terdapat perbedaan dalam pasar geografisnya dimana kelompok usaha Siloam belum memiliki rumah sakit di Kota Mataram. Namun untuk melihat dominasi rumah sakit Grha Ultima Medika, KPPU melakukan perhitungan pangsa pasar rumah sakit Grha Ultima Medika di Kota Mataram, Pulau Lombok dan pangsa pasar Nasional atas kelompok usaha Siloam pasca pengambilalihan.

Berdasarkan perhitungan pangsa pasar, KPPU menilai perubahan pangsa pasar rumah sakit Grha Ultima Medika tidak signifikan sehingga tidak akan mempengaruhi struktur pasar rumah sakit di Kota Mataram, Pulau Lombok dan Pasar rumah sakit Nasional.

Berdasarkan analisis di atas, Komisi menilai bahwa pengambilalihan saham PT Grha Ultima Medika oleh PT Mahkota Buana Selaras tidak memiliki dampak terhadap industri penyedia jasa kesehatan (rumah sakit) di Kota Mataram, Pulau Lombok dan pasar Nasional. Oleh
karena itu Komisi mengeluarkan Pendapat tidak adanya dugaan praktek monopoli dan/atau persaingan usaha tidak sehat akibat pengambilalihan saham PT Grha Ultima Medika oleh PT Mahkota Buana Selaras.