KPPU telah menyelesaikan Penilaian Pengambilalihan (Akuisisi) Saham Solvadis Holding S.a.r.l oleh Sojitz Corporation

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (Komisi) pada tanggal 20 Februari 2018 telah menyelesaikan penelitian dan mengeluarkan Pendapat terhadap pengambialihan (akuisisi) saham Solvadis Holding S.a.r.l oleh Sojitz Corporation.
Akuisisi Solvadis Holding S.a.r.l oleh Sojitz Corporation merupakan akuisisi yang terjadi di luar negeri, sehingga dikategorikan sebagai akuisisi asing. Namun karena para pihak memiliki kegiatan usaha di Indonesia dan akuisisi telah memenuhi ketentuan PP 57 Tahun 2010, maka akuisisi wajib dilakukan pemberitahuan kepada KPPU. Solvadis Holding S.a.r.l merupakan badan usaha yang berkedudukan di Luksemburg, sedangkan Sojitz Corporation
merupakan badan usaha yang berkedudukan di Jepang.

Sojitz Corporation memiliki berbagai kegiatan usaha di Indonesia, di antaranya pertambangan batubara, perdagangan bahan kimia, properti, retail dan lain-lain. Sedangkan Solvadis Holding S.a.r.l hanya melakukan perdagangan impor bahan kimia pati jagung dengan nama Dextrin yang digunakan untuk produk kesehatan dan kosmetik.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Sojitz Corporation juga melakukan perdagangan impor bahan kimia pati jagung, namun jenis pati jagung yang diimpor Sojitz Corporation memiliki spesifikasi Corn Starch For Fondry Moldex.

Dikarenakan para pihak tidak memiliki jenis produk yang berbeda, maka Komisi menyimpulkan bahwa para pihak tidak berada di pasar bersangkutan yang sama. Karena itu akuisisi merupakan akuisisi jenis konglomerasi dan berdasarkan data dan analisis, Komisi menemukan para pihak bukanlah pelaku usaha dominan pada masing-masing pasar produknya.

Berdasarkan analisis di atas, Komisi menilai bahwa akuisisi tidak menimbulkan praktek monopoli dan/atau persaingan usaha tidak. Karena itu Komisi mengeluarkan pendapat tidak adanya dugaan praktek monopoli dan/atau persaingan usaha tidak sehat akibat akuisisi Solvadis Holding S.a.r.l oleh Sojitz Corporation.