KPPU telah menyelesaikan Penilaian Pengambilalihan (Akuisisi) Saham PT Axioo International Indonesia oleh PT Erajaya Swasembada Tbk.

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (Komisi) pada tanggal 20 Februari 2018 telah menyelesaikan penelitian dan mengeluarkan Pendapat terhadap pengambialihan (akuisisi) saham Solvadis Holding S.a.r.l oleh Sojitz Corporation dan pengambialihan (akuisisi) saham PT Axioo International Indonesia oleh PT Erajaya Swasembada Tbk.

Akuisisi PT Axioo International Indonesia oleh PT Erajaya Swasembada Tbk. merupakan akuisisi yang telah memenuhi ketentuan PP 57 Tahun 2010. PT Axioo International Indonesia adalah badan usaha yang bergerak di bidang manufaktur IT sedangkan PT Erajaya Swasembada Tbk adalah badan usaha yang bergerak di bidang distribusi, perdagangan dan layanan purna jual produk IT. PT Erajaya Swasembada Tbk memiliki pusat penjualan produk telepon seluler dengan nama Erafone.

Berdasarkan informasi yang diperoleh PT Axioo International Indonesia memproduksi telepon seluler dengan merk Venera untuk kemudian didistribusikan jalur distribusi PT Erajaya Swasembada Tbk. Namun berdasarkan penelitian dan data yang diperoleh Komisi, telepon seluler merk Venera bukan merupakan produk yang dominan pada pasar telepon seluler.

Berdasarkan analisis di atas, Komisi menilai akuisisi PT Axioo International Indonesia oleh PT Erajaya Swasembada Tbk tidak memiliki dampak terhadap industri manufaktur maupun distribusi produk IT di Indonesia. Karena itu Komisi mengeluarkan pendapat tidak adanya dugaan praktek monopoli dan/atau persaingan usaha tidak sehat akibat akuisisi PT Axioo International Indonesia oleh PT Erajaya Swasembada Tbk.