KPPU Kunjungi Redaksi Harian Kompas

KPPU.go.id, JAKARTA – Rombongan KPPU melakukan kunjungan ke Redaksi Harian Kompas di Gedung Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta, Selasa (3/2/2015) siang.

Kunjungan dilakukan oleh Ketua KPPU, M. Nawir Messi, Wakil Ketua, Saidah Sakwan, Anggota KPPU Syarkawi Rauf, Sekretaris Jenderal Mohamad Reza dan Plh. Kepala Bagian Humas KPPU, Dendy R. Soetrisno.

Para pejabat dari KPPU ini diterima Pemimpin Wakil Pemimpin Redaksi Ninuk Pambudy, Editor Ekonomi Pieter F. Gero, Subur Tjahjono wartawan senior Kompas, Dewi Indriastuti wartawan senior Kompas, Ferry Santoso wartawan Kompas Morning Daily serta para redaktur ekonomi dan hukum.

Tujuan kedatangan pertama kali ke media ini dilakukan untuk bersilaturahmi. Dalam kesempatan tersebut dibahas topik-topik terkini mengenai penegakan hukum persaingan usaha.Topik yang dibahas dalam pertemuan tersebut, yaitu perkara kartel ban yang beberapa waktu telah diputus KPPU, polemik tarif batas atas-bawah di industri penerbangan, pengawasan kemitraan, kondisi terkini perekenomian Indonesia dan perkembangan amandemen UU No. 5 Tahun 1999.

“Sebenarnya sudah lama, Saya dan segenap anggota komisi mengagendakan kunjungan ke media seperti Kompas ini. Tetapi baru kali ini terlaksana. Tentu saja kami (KPPU) butuh masukan dari media mengenai apa yang sedang kami kerjakan,” tutur Ketua KPPU, M. Nawir Messi.

Sementara itu, Wakil Pemimpin Redaksi Kompas, Ninuk Pambudy, menyatakan bahwa Kompas mendapat kehormatan dan kepercayaan atas kunjungan KPPU sebagai lembaga yang posisinya sangat strategis dalam penegakan hukum persaingan di Indonesia.

Satu hal yang perlu diperhatikan, kata Ninuk, ke depan KPPU harus mampu memetakan rencana-rencana strategis di setiap program kerjanya, “Kami (Kompas), sedapat mungkin membantu seluruh institusi penegak hukum, seperti KPPU ini, karena hal seperti ini memang pekerjaan yang perlu dilakukan,” ujarnya. (hp-nsa)