KPPU Gelar Workshop Regional untuk Teknik Investigasi Hambatan Vertikal

Jakarta (19/1) – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyelenggarakan Workshop Competition Issues in Manufacturer Distributor Retailer Restrains bagi investigator di KPPU dan negara ASEAN, hari ini di salah satu hotel di Jakarta Pusat. Acara yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut, dihadiri oleh investigator dari berbagai otoritas persaingan usaha di Asia Tenggara, seperti Singapura, Kamboja, Laos, Filipina, Vietnam dan Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan oleh KPPU, ASEAN Secretariat, dan US Federal Trade Commission (US-FTC), dengan dukungan dari US Agency for International Development (USAID).

Secara khusus, dua pelatih (instructor) dari US-FTC, Timothy T. Hughes dan Nicholas J. Franczyk, didatangkan untuk membantu Indonesia dan ASEAN dalam peningkatan kompetensi di bidang investigasi pada perilaku hambatan vertikal, khususnya melalui diskusi interaktif dan simulasi penyelidikan. Subtansi yang dibahas antara lain meliputi identifikasi kekuatan pasar pada hambatan vertikal, dampak kesejahteraan, dan strategi yang digunakan dalam investigasi pelanggaran tersebut.

Ketua KPPU, Nawir Messi, dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat dikatakan sebagai pelatihan bersama bagi investigator di ASEAN, dan dengannya, tiap negara bisa membawa perspektif hukum persaingan mereka dalam diskusi dan simulasi penyelidikan. Dengan demikian, tidak tertutup kemungkinan dapat ditemukan pendekatan yang sama di regional dalam proses penegakan hukum persaingan usaha ke depannya. Selain itu, secara khusus, Nawir juga mengucapkan selamat kepada US-FTC atas perayaan 1 (satu) abad usia lembaga tersebut.

Sambutan turut disampaikan oleh Mr. Timothy T. Hughes dari US-FTC, dan Ms. Yap Lai Peng, Asisten Direktur Divisi Perlindungan Konsumen, HAKI, dan UKM di Sekretariat ASEAN. Keduanya turut menyambut positif pelaksanaan kegiatan tersebut, dan menaruh harapan besar atas manfaat yang diperoleh bagi ASEAN ke depan.
(MIeDN)