Buku

Hukum Persaingan Usaha Antara Teks & Konteks
Penulis buku ini adalah para pakar hukum yang sudah memiliki banyak pengalaman di bidang persaingan usaha. Buku ini merupakan sumbangan yang sangat berharga, tidak hanya dalam memahami dan mendalami substansi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999, tetapi juga dapat memberi gambaran perkembangan penerapan hukum persaingan di berbagai negara. Kiranya buku ini dapat pula menjadi literatur hukum persaingan usaha dalam pengembangan kurikulum fakultas hukum di seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Katalog Putusan 2009
Dalam buku ini diuraikan secara ringkas seluruh putusan KPPU dalam periode tersebut. Buku diharapkan ini dapat memberikan informasi dan gambaran yang memadai bagi pihak yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan pelaksanaan Undang-Undang No. 5/1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Selain itu,buku ini juga dapat digunakan sebagai referensi yang berguna, baik bagi internal KPPU maupun publik untuk dapat meningkatkan pemahaman tentang nilai-nilai persaingan usaha yang sehat, kedepan.

Negara dan Pasar dalam Bingkai Kebijakan Persaingan
Catatan Hal Hill tentang industri yang terkonsentrasi bisa jadi tidak lagi mengejutkan mengingat iklim usaha yang berkembang saat itu adalah iklim usaha yang oligopolistik, di mana pasar hanya dikuasai atau dimainkan oleh sejumlah kecil penjual, yang didefinisikan sebagai competition among the few.

Buku ini merupakan jawaban yang cukup ideal untuk menggambarkan fenomena seperti yang digambarkan Hill. Buku ini juga bisa diibaratkan sebagai titik hujan di padang pasir, karena selama ini masih sedikit buku yang membahas tentang hukum persaingan usaha.